Manfaat Latihan Beban

Hi Guys,

Latihan BebanBukan rahasia umum jika latihan beban dapat meningkatkan laju metabolisme sekaligus membantu menurunkan berat badan jika dilakukan secara tepat dan teratur.
Setiap 10 tahun, metabolisme manusia akan mengalami penurunan dan melambat sekitar 3 persen, massa otot mulai menyusut, dan produksi lemak tubuh kian bertambah. Itulah sebabnya mengapa kita merasa lebih gemuk ketika usia bertambah.
Nah, agar hal di atas tidak terjadi pada kita maka sebaiknya kita mulai lakukan latihan beban dari sekarang. Latihan beban adalah latihan terbaik untuk meningkatkan dan membangun massa otot. Jika dikombinasikan dengan latihan kardio, latihan beban juga efektif untuk membantu menurunkan berat badan.
Studi menunjukkan bahwa latihan beban selama tiga bulan secara rutin 15-20 menit sehari (2-3 kali seminggu) dapat menambah otot kurang lebih 1,4 kg. Latihan beban juga dapat meningkatkan metabolisme sebanyak 7% dan membantu membakar 105 kalori ekstra setiap harinya.

Berikut 5 tip yang bisa kita coba saat memulai latihan beban

Pilih Beban Yang Tepat
Beban yang ringan tidak akan memberi otot kita tantangan untuk mendapatkan kekuatan maksimal. Tapi jangan menggunakan beban yang terlalu berat karena risikonya adalah cedera. Gunakan beban sesuai kemampuan, kemudian tambahkan secara bertahap jika kita merasa masih kuat.
Lakukan Perlahan
Gerakan yang terlalu cepat akan menyebabkan risiko cedera dan tidak efektif untuk membangun kekuatan, karena otot kita memerlukan adaptasi. Lakukan gerakan mengangkat selama dua detik dan empat detik untuk menurunkan beban.
Atur Nafas
Pengaturan nafas yang keliru saat melakukan latihan kekuatan akan membuat gerakan menjadi lebih sulit dan bahkan mengacaukan tekanan darah kita  Buang nafas saat kontraksi dan tarik nafas saat kita melepaskan beban.
Buatlah Program Latihan Yang Baik
Program latihan beban kita haruslah tersusun dengan baik dan teratur. Buatlah Program latihan beban kita secara terperinci seperti misalnya, Hari Senin untuk melatih otot dada, Rabu untuk melatih otot kaki, Kamis untuk melatih otot punggung dan seterusnya. Jangan berlatih selama satu minggu penuh. Sisakan 1-2 hari untuk istirahat dari sesi latihan. Perlu kita ketahui bahwa otot akan tumbuh saat tubuh mendapatkan istirahat yang cukup.
Mulailah Konsumsi Makanan Sehat
Satu hal yang tak kalah penting dari program latihan kita adalah mengonsumsi makanan sehat. Artinya kita tetap harus menjaga keseimbangan nutrisi bagi tubuh kita. Buah-buahan dan sayuran adalah contoh makanan sehat yang baik untuk mendukung program latihan kita. Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji yang tinggi kalori dan tinggi lemak, gantikan dengan makanan tinggi protein seperti dada ayam, telur, dan daging. Makanan inilah yang dapat membantu kita meningkatkan perkembangan otot lebih optimal.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui bahwa meningkatkan massa otot melalui latihan beban adalah cara terbaik untuk membentuk tubuh langsing dan ideal.

Tunggu apa lagi? Yuk, mulai latihan beban dari sekarang!

Sumber :
@DennySantoso dan duniafitnes.com

About these ads

9 Responses

  1. Tunggu apalagi? tunggu malesnya ilang… :D

  2. dan jangan lupa nutrisi makanan juga perlu..

  3. manteppp jadi pengen banget ane berotot gan secara sekarang masih kurus kerempeng gini ane,, :D

    • buruan dimulai aja gan, kalo gak dimulai gak bakalan nambah2. asupan kalorinya (makanannya) juga ditambah ya

  4. iya nih latihan fitnes saya memang jarang teratur.. ngarus banget di pengembangan otot.. sampe2 dimarahin trainer hehe

  5. sangat bermanfaat sekali..

  6. Jadi pengen GYM lagi gan,, :D nih badan udah kagak karuan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 230 other followers

%d bloggers like this: