Pesanku untuk Para Trader Reksadana

sedih baca status temen2 seperti “feeling hijau nih”, “hmm.. kira2 bakal merah lagi gak ya”, bla.. bla.. bla..

guys, kalian bukan peramal. Akan susah menebak IHSG ke arah mana jika IHSG ditutup pukul 16:15 tapi kita “meramal” sejak pukul 12:00.

FYI, pukul 09:00-11:00 itu di dunia saham terkenal dengan permainan market & transaksi sebenarnya itu terjadi pukul 11:00-12:00 dan aktif lagi pukul 15:00-16:15.

Apalagi kita tidak pernah tahu harga reksadana yang kita pegang bakal naik atau enggak. Bisa jadi top holdingnya naik rata2 3% tapi harga reksadananya cuma naik 1%, bisa jadi IHSG hijau dia malah merah atau kebalikannya. Apakah kita tidak sedang berjudi?

MI punya dana kelolaan yang besar, jumlahnya bisa mencapai triliunan.
Jika mereka ingin mengejar profit, mereka bisa saja menjual beberapa saham yang mereka punya di harga tinggi, dan karena uang mereka banyak sehingga membuat harga saham2 tsb tiba2 turun. Kemudian para investor retail ikut2an menjual saham mereka karena takut rugi semakin dalam (istilahnya cut loss atau jual rugi) sehingga harga saham tersebut semakin turun dan saat sudah mencapai titik terendah, MI membeli saham itu lagi untuk bisa dijual di harga tinggi lagi. Apa kita tidak sedang bahagia di atas penderitaan orang lain (baca : para investor retail)?

IHSG bisa ditentukan kemana arahnya, ya bisa, dengan analisa fundamental & teknikal.

Sekarang seberapa dalam kah ilmu teknikal kita?
– Apakah kita ngerti tentang tipe chart seperti Bar Chart, Candlestick chart, Point & figure chart?
– Apakah kita ngerti tentang reversal pattern seperti head & shoulder, double/triple tops/bottoms, wedges, saucer tops/bottoms?
– Apakah kita ngerti tentang Continous Pattern seperti triangles, rectangles & flats, flag & pennants?
– Apakah kita ngerti tentang Technical Indicator seperti Stochastic, RSI & Parabolic SAR, MACD, EMA?

Dan tahukah ahli teknikal pernah bilang ke saya apa? Teknikal itu tingkat akurasinya MAKSIMAL hanya 60-70%, jadi walaupun kita sudah menguasai semua ilmu teknikal di atas, masih bisa salah.

Dan ilmu fundamental kita?
Sudah tahukah kita parameter apa saja yang bisa mempengaruhi naik turunnya IHSG? Seperti seberapa besar pengaruh kenaikan BBM terhadap inflasi, apa pengaruh inflasi, pengumuman RAPBN, BI Rate, defisit neraca berjalan (CAD), dll terhadap IHSG?

Baiknya berinvestasi lah minimal 1 tahun untuk menjauhkan kita dari sekedar memanfaatkan fluktuasi harga saja.
Kenapa 1 tahun? Ini hanya berdasarkan karakteristik dari pergerakan mayoritas saham.
Laporan perusahaan akan keluar tiap kuartal. Tp tidak serta merta harga lgsg naik/turun berdasarkan laporan tsb. Ada yg nunggu hingga tengah tahun bahkan sampai akhir tahun utk mengetahui sudah brapa % pencapaian suatu perusahaan dari target yg mereka tetapkan.

Kalo baru 3 bulan ternyata bisnis perusahaan mengalami masalah ya silakan keluar, tp selama masih on track namun harga kok ga naik2 ya kenapa hrs dijual, tinggal menunggu waktu saja.
Beda lg jika ada masalah di manajemen seperti kasus cipaganti atau sentul atau bahkan kasus right issue BW Plantation, wajar jika kita jual secepatnya karna harga akan anjlok.

Yang penting poin yg saya tekankan adalah kita itu punya dasar kenapa kita beli, kenapa kita jual. Ada latar belakangnya, ada ceritanya.

Misal kita beli saham semen gresik karna alasannya 2 pabrik yg di bangun di jayapura sudah mulai beroperasi jd dlm beberapa tahun ke depan volume produksinya akan naik & harusnya volume penjualan jg meningkat jd harga saham jg terkatrol naik.
Pun juga gitu ketika mau keluar juga ada dasarnya, tidak hanya based on NAB aja, tidak hanya ambil untung dr harga yg naik turun sesaat aja.

Saran saya kalo diterapkan di reksadana ya tanya aja ke MI nya pegang saham apa aja trus analisa sahamnya masing2 kira2 kita paham ga sama bisnis dari mayoritas saham yg dipegang MI tsb.

Boleh jg tanya ke MI alasan belinya apa, pasti mereka punya cerita dan tanyakan mau hold saham tsb brp lama biar kita gak beli kucing dlm karung.

Jadi gak sekedar bingung ihsg hari ini merah apa ijo. Lebih bagus lagi kalo kita tahu ihsg sampai akhir tahun arahnya bakal kemana.
Kayak sekarang nih, ihsg akan downtrend sampai akhir oktober 2014 & mulai uptrend lg november sampai akhir tahun 2014.
Kalo kita paham makro ekonomi pasti kita tahu hal2 semacam ini. Jadi bakalan ga subscribe sekarang tp awal november sambil nunggu sinyal ihsg naik lagi.

Kalo pun emank tetep mau trading ya plajari lah tentang ilmu teknikal & manajemen cut loss. Gak ada namanya trader tp pake ilmu shobirun doank.
Ilmu shobirun hanya utk investor jangka panjang

Bisa jadi reksadana yang kita pegang syariah tapi cara kita dalam berinvestasi tidak syar’i. So? Silakan direnungkan.

Reksadana Syariah

Belajar dari krisis tahun 2008 membuat banyak orang mempertanyakan sistem ekonomi kapitalis yang selama ini dianggap paling hebat ternyata bisa ambruk juga. Efek krisis ekonomi yang dimulai dari Negara AS sebagai pusat ekonomi kapitalis menjalar ke semua negara termasuk Indonesia. Akibat dari krisis tersebut beberapa negara mulai mencari sistem ekonomi yang ideal yang dapat menggantikan sistem ekonomi kapitalis, dan mereka menemukan sistem ekonomi Islam atau syariah adalah sistem ekonomi yang ideal.

Pada prinsipnya reksadana syariah sama dengan reksadana konvensional hanya saja dalam pengelolaannya tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah dipasar modal. Sesungguhnya berinvestasi merupakan bagian dari Islamic wealth management yang diklasifikasikan pada Wealth Accumulation (akumulasi kekayaan) tentunya dengan berlandaskan kepada Alquran dan Hadist dengan nilai-nilai kejujuran, keadilan dan bermanfaat bagi sesama.

Untuk lebih jelasnya tentang apa itu reksadana bisa dilihat pada video berikut :

atau bisa dilihat pada penjelasan di wikipedia >> http://id.wikipedia.org/wiki/Reksadana

Kebijakan Investasi Reksa Dana Syariah

Kebijakan investasi reksa dana syariah yakni hanya berinvestasi pada perusahaan dengan kategori halal,  dan memenuhi rasio keuangan tertentu. Halal yang dimaksud adalah perusahaan tersebut tidak memproduksi atau menjual sesuatu yang haram menurut Islam, seperti menjual daging babi, minuman keras, bisnis hiburan maksiat, judi, pornografi, dsb, tidak merugikan orang banyak, tidak merugikan orang dan bersifat mudarat (rokok), tidak boleh investasi pada portfolio yang yang bersifat riba (adanya bunga), bukan judi (maysir), perdagangan yang tidak disertai penyerahan barang, perdagangan dengan penawaran dan permintaan palsu (bay al najsy), jual beli mengandung ketidakpastian (gharar) dan spekulatif, serta transaksi suap (risywah).

Memenuhi rasio keuangan tertentu, maksudnya total utang yang berbasis bunga dibandingkan dengan total ekuitas tidak lebih dari 82 persen (delapan puluh dua per seratus) yang berarti modal 55 persen dan utang 45 persen, total pendapatan bunga dan pendapatan tidak halal lainnya dibandingkan dengan total pendapatan usaha (revenue) dan pendapatan lain-lain tidak lebih dari 10 persen.

Kebijakan Investasi reksadana syariah hanya dapat dilakukan pada instrumen keuangan yang sesuai dengan Syari’ah Islam, meliputi:

  1. Efek Pasar Modal Syariah:
    – Obligasi Syariah (Sukuk);
    – Saham-saham yang masuk dalam DES (Daftar Efek Syariah), serta efek surat hutang lainnya yang sesuai dengan prinsip syariah.
  2. Instrumen Pasar Uang Syariah:
    – Sertifikat Wadiah Bank Indonesia (SWBI)
    – Sertifikat Investasi Mudharabah Antar-Bank (SIMA)
    – Certificate of Deposit Mudharabah Mutlaqah (CD Mudharabah Mutlaqah)
    – Certificate of Deposit Mudharabah Muqayyadah (CD Mudharabah Muqayyadah)

Reksa Dana Syariah menandakan bahwa dalam pengelolaannya manajer investasi menganut prinsip syariah seperti :

  1. Hanya membeli saham,obligasi dan pasar uang yg masuk dalam daftar efek syariah dan sesuai dg prinsip syariah
  2. Melakukan cleansing bila dlm portofolio reksa dana terdapat keuntungan yg sifatnya tidak sesuai dg syariah
  3. Adanya Dewan Pengawas Syariah yg ditunjuk untuk memastikan agar pengelolaan investasi memperhatikan kaidah-kaidah syariah

Dengan adanya cleansing maka saat ada pendapatan yang tidak syar’i maka manajer investasi akan menyisihkan uang tersebut lalu menyumbangkannya ke yayasan amal yang disepakati antara Manajer Investasi dan Dewan Pengawas syariah.
Salah satu hal yang dapat menyebabkan cleansing misalnya ketika suatu saham membagikan deviden lalu setelah diteliti lebih jauh ternyata saham tersebut merupakan holding dari beberapa anak perusahaan yang salah satunya bergerak dibidang perbankan yang konvensional

Bagi umat muslim landasan akan pentingnya berinvestasi antara lain berdasarkan hadist: ”Allah akan memberikan rahmat kepada seseorang yang berusaha dari yang baik, membelanjakan uang secara sederhana, dan dapat menyisihkan kelebihan untuk menjaga saat dia miskin dan membutuhkannya. [HRMuslim&Ahmad]”

Fatwa MUI ttg Reksa Dana Syariah, silakan dipelajari di

http://www.bapepam.go.id/syariah/fatwa/pdf/20-Pedoman_Investasi_Reksa_Dana.pdf

Reksa Dana Syariah Terbatas hanya masyarakat muslim saja?

Tidak, karena pada dasarnya syariah itu bukan ”Keyakinan” melainkan ”Sistem Ekonomi” yaitu dengan mengedepankan prinsip kejujuran, keadilan dan bermanfaat bagi sesama itu menjadi nilai-nilai dasar kemanusiaan apapun agamanya dan berasal dari suku manapun.

Prinsip tanpa RIBA juga tidak hanya ada didalam Islam tapi juga di Nasrani, Yahudi dan agama lainnya. Silahkan cek pada kitab agama masing-masing. Tidaklah heran jika saat ini perkembangan syariah khususnya reksadana syariah sudah sampai ke Inggris, Perancis, Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, China, Hongkong dan banyak negara lainnya yang bukan mayoritas beragama Islam tetapi memakai konsep dasar syariah dalam pengelolaan keuangan dan Investasi.

Lebih dari itu di London sudah terlebih dahulu ada FTSE Global Islamic Index dan di Amerika Serikat sudah ada Dow Jones Islamic Indeks jauh sebelum Indonesia yang notabene adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Selamat berinvestasi reksadana syariah, jangan lupa tentukan profil resiko anda, tentukan tujuan keuangan dan jangka waktu investasinya setelah itu mulailah lakukan investasi beerdasarkan klasifikasi diri anda sesuai butir butir diatas dan selamat menikmati hasilnya. Jadikan syariah sebagai way of life apapun suku anda, apapun agama anda dan suku anda. Kecil bersenang-senang, muda bekerja & investasi, tua sejahtera, meninggal masuk surga.

Sumber :

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/08/10/07564982/Apa.Itu.Reksa.Dana.Syariah

Berapa Banyak Cairan yang Dibutuhkan Selama Latihan?

Kita semua tahu bahwa menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah faktor penting yang tidak boleh diabaikan. Setiap sel dalam tubuh kita bergantung pada air untuk berfungsi dengan baik.

Saat berolahraga dan latihan, kebutuhan cairan tubuh akan meningkat. Itulah sebabnya banyak orang mengalami sakit kepala, keletihan dan bahkan koma ketika tubuhnya kekurangan cairan (dehidrasi) saat berolahraga.

Berapa Banyak cairan yang Dibutuhkan Setiap Hari?
Tubuh dan aktivitas masing-masing orang berbeda. Itulah sebabnya kebutuhan cairan masing-masing orang juga berbeda. Orang yang tinggal di iklim panas tentu lebih banyak membutuhkan cairan ketimbang mereka yang tinggal di iklim dingin.
Umumnya setiap orang membutuhkan sebanyak 2-3 liter air perhari. Ini sederhana, mudah diingat dan tampaknya berlaku bagi semua orang.

Cara terbaik untuk menguji apakah tubuh Anda cukup cairan atau tidak, lihatlah air kencing Anda. Jika warnanya kuning pekat bisa jadi Anda sedang kekurangan cairan. Meski terkadang mengonsumsi multivitamin dapat mengubah warna urin, tapi cara ini bisa dijadikan langkah sederhana apakah Anda kekurangan cairan atau tidak.

Minum 1-2 gelas air saat bangun tidur juga dapat membantu tubuh tetap terhidrasi karena tubuh telah berpuasa dari makanan dan cairan selama Anda tidur.

Berapa Banyak Cairan yang Hilang saat Latihan?
Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang meremehkan berapa banyak mereka berkeringat ketika latihan. Banyak orang tidak menyadari bahwa keringat yang keluar dari tubuh mereka saat latihan bisa mencapai 0,8 hingga 1,4 liter air dari keringat.

Bahkan ada catatan yang menyebutkan jika seseorang sangat mungkin mengeluarkan keringat sebanyak 5 liter selama 1 jam latihan, namun mereka tidak menyadarinya!

Jika Anda ingin menghitung berapa banyak cairan yang keluar saat latihan, Anda bisa mencoba 3 tes sederhana berikut ini:

Timbang badan Anda dalam keadaan telanjang
Catat angkanya, kenakan pakaian Anda dan berlatihlah selama 1 jam.
Jika memungkinkan, jangan makan dan minum selama latihan.
Timbang badan Anda kembali dalam keadaan telanjang
Catat angkanya, dan Anda akan menemukan selisih dari angka yang pertama. Itulah jumlah cairan tubuh yang hilang.
Misalnya Anda menemukan berat badan Anda berkurang 1 kg atau sama dengan 1 liter air, apakah ini artinya Anda akan minum cairan dalam jumlah tersebut dan Anda akan baik-baik saja? sayangnya tidak semudah itu.

Cerdas Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Ini bukan hanya tentang seberapa banyak Anda minum selama latihan. Sel-sel tubuh Anda tidak dapat menyerap air secepat mereka mengeluarkannya, dan ketika Anda berolahraga maka sebagian sistem pencernaan Anda akan dimatikan pula, yang berarti bahwa sebagian besar cairan terkumpul di perut dan membuat Anda merasa kurang nyaman.

Tidak hanya itu, jika Anda langsung minum 1 liter air untuk mengisi kembali jumlah yang hilang maka hal ini dapat mengganggu kesimbangan sodium dalam darah dan mengakibatkan EAH (exercise-associated hyponatraemia) atau keracunan cairan yang bisa mengakibatkan kejang-kejang hingga kematian.

Cara cerdas untuk menangani ini adalah Anda tidak harus minum cairan sebanyak yang Anda keluarkan saat Anda latihan, karena tubuh Anda tidak bisa menyerap secepat yang Anda kira. Itulah sebabnya Anda dianjurkan untuk membagi konsumsi cairan dalam satu hari agar tidak mengejutkan sistem tubuh.

Pre – hydrating (kondisi sebelum dehidrasi) adalah hal yang sangat penting. Bahkan pelatih atlet marathon dan triathlon akan memberitahu Anda, membuat tubuh terhidrasi bukanlah dilakukan di hari pertandingan, tetapi bagaimana pola mengonsumsi cairan dua hari menjelang pertandingan. Waktu dua hari tersebut dianggap sebagai waktu ideal tubuh menyerap cairan dengan maksimal dalam rangka mempertahankan kinerja tubuh secara optimal.

- Denny Santoso, S.Kom

Meniru Rasulullah, Syariat atau Budaya?

Ada 2 hal yang membedakan kita dengan Rasulullah SAW, yaitu :
1. Waktu, beliau hidup di abad ke-5, kita hidup di abad ke-20, banyak hal yang berubah terutama dari segi teknologi
2. Budaya, beliau hidup di daerah timur tengah khususnya Arab. Tentu saja budaya Arab berbeda dengan budaya kita yang mayoritas terpengaruhi oleh budaya Melayu.

Dari situ lah lantas muncul suatu pertanyaan, apakah semua yang dilakukan Rasulullah SAW dapat kita tiru semuanya atau kah itu hanya budaya orang Arab saja atau memang kehidupan di masa lalu memang seperti itu? Mari kita bahas sedikit tentang ini.

Makanan Pokok (Budaya)

Makanan pokok orang Arab ialah roti, sedangkan kita mayoritas masih makan nasi. Mayoritas dari kita tentu masih sulit untuk meninggalkan nasi dan menggantinya dengan roti saja. Pernah suatu saat karena ingin meniru Rasulullah, di pesantren semua santri dikasih sarapan 2 roti + mentega + coklat. Pukul 8.30 para santri sudah mengeluh kelaparan.

Ustadz : “kenapa?”
santri : “lapar ustadz, belum makan”
Ustadz : “lho tadi kan udah dikasih makan?”
santri : “itu tadi kan ngemil doank”
nah mayoritas dari kita punya mindset bahwa makan roti itu hanya cemilan. saya sendiri bisa ngemil roti tawar sampai 8 lembar tiap hari.

Atau semisal orang Madinah jaman dahulu yang makan pagi makan kurma, siang makan kurma dan malam makan kurma, nah kalo kita coba seperti itu besoknya diare atau sariawan kena bijinya.

Cara Makan (Sunnah)

Rasulullah pernah mencontohkan ketika makan menggunakan 3 jari saja (ibu jari, telunjuk dan jari tengah), bukan pake sendok apalagi sumpit dan beliau mengunyah sebanyak 33 kali. Penggunaan tiga jari ini, menunjukan ketawadhuan beliau dan sifat beliau yang tidak rakus dengan makanan. Yang demikian itu berlaku bagi makanan yang bisa dimakan dengan menggunakan tiga jari, adapun makanan yang tidak bisa dimakan dengan menggunakan tiga jari, maka diperbolehkan untuk menggunakan lebih dari tiga jari ataupun dengan sendok misalnya. Meskipun ini sunnah tapi kita harus menerapkan pada media yang benar, coba bayangkan jika kita maksa makan bubur ayam atau mie instan berkuah (makanan pokok anak kos) pake 3 jari aja kemudian ngunyahnya 33 kali, bisa besok kelarnya. Kalo kita makan pake nasi dan lauk yang bisa menggunakan 3 jari ya silakan karena makan dengan tangan itu memudahkan pekerjaan organ pencernaan kita.

Bentuk Zakat Fitrah (Budaya)

Rasulullah dulu ketika berzakat menggunakan patokan gandum atau kurma karena memang itu adalah makanan pokok orang Arab sesuai hadits berikut :

“yang menjadi makanan pokok kami adalah gandum, anggur kering, keju, dan kurma” (HR. Bukhari 1510)

Nah kalo diterapkan ditempat kita agak susah karena makanan pokok kita bukan kurma dan orang yang akan kita zakati makanan pokoknya bukan kurma. Kalo bawa kurma 1 kg ke masjid untuk dizakatkan takutnya ditolak panitia zakat sambil berkata, “lho kan puasanya udah lewat pak, bentar lagi lebaran, ngapain bawa2 kurma”

Buang air

Saat membaca hadits berikut :

Dari Aisyah, bahwa Nabi SAW. Bersabda : “Apabila salah seorang di antara kamu pergi buang air besar, maka bersucilah dengan tiga buah batu, karena sesungguhnya ia itu telah mencukupinya“. (HR Ahmad, Nasa’i, Abu Dawud, dan Dara Quthni, dan Dara Quthni berkata: Sanad hadis ini Shahih-Hasan)

bukan berarti bahwa saat kita selesai buang air maka kita diharuskan menggunakan batu untuk bersuci. Istinja’ hukumnya wajib bagi orang yang baru saja buang air besar maupun buang air kecil, baik dengan air ataupun dengan benda selain air. Benda selain air yang dapat digunakan untuk beristinja ialah benda yang keras dan kesat seperti batu, kertas atau daun-daun yang sudah kering.
Jadi kita tidak perlu bawa 3 batu saat hendak buang air di mall, nanti penjaganya nanyain, “tuh batu buat apa pak?”. Sebagai informasi dari seorang ustadz, alasan penggunaan batu zaman dahulu karena di tiap-tiap rumah di Madinah belum terbiasa untuk membuat kamar mandi di dalam rumah. Biasanya mereka kalo buang air di luar, bukan di luar rumah tapi di luar kampung, di padang pasir dan biasanya malam hari, kan gak enak lagi pup diliatin onta. Dan pastinya media istinja’ yang paling mudah ditemukan di padang pasir adalah batu tidak seperti di tempat kita sekarang yang alhamdulillah air lebih mudah ditemukan (jadi jagalah kelestariannya untuk anak cucu kita)

Pengobatan

Zaman dahulu pengobatan Rasul menggunakan metode bekam dan mengkonsumsi habatusauddah. Ternyata teknik bekam itu sudah digunakan oleh orang-orang sebelum Rasul. Para dokter muslim yang hidup setelah zaman Rasulullah pun mengembangkan teknik di bidang kedokteran yang jadi inspirasi teknik pengobatan di barat saat ini. Jadi tak perlu dipermasalahkan, bagi yang pro bekam jangan mengkafirkan atau membid’ahkan orang yang berobat menggunakan metode barat (yang umum saat ini) dan orang yang pro pengobatan barat jangan menganggap orang yang bekam sebagai fanatik sempit.

Pakaian

Rasulullah sering berpakaian menggunakan gamis dan sorban dimana orang kafir Quraisy seperti Abu Jahl dan Abu Lahab pun juga menggunakannya. Di tempat kita memang lebih sering menggunakan baju koko (dari cina) dan peci. belum pernah denger cerita kan Rasul pake baju koko dan peci? Ini hanya masalah budaya saja, jadi tidak perlu terlalu dipermasalahkan.

Intinya kalau memang kita ingin meneladani seluruh perilaku Rasulullah pisahkan dulu antara yang syariat Islam dan yang budaya. Jika memang ingin menjalankan dua-duanya silakan, tapi jika dirasa berat tidak usah dipaksakan. Dan jangan mudah membidahkan atau mengkafirkan saudara sesama muslim karena tuduhan itu akan kembali kepada kita sendiri.

Manfaat Lari bagi Tubuh Kita

It pains me so much more to stopBanyak kalangan yang menyebut bahwa olah raga lari sedang jadi trend di Indonesia saat ini. Sebagai pelari saya tidak menyebutnya sebagai trend tahunan yang datang trus hilang pada tahun berikutnya, namun saya lebih suka mengatakan bahwa virus lari baru saja menyebar di Indonesia dan akan tetap ada di Indonesia untuk jangka waktu yang lama. Entah berapa banyak teman saya yang tertular virus ini karena sering saya ajak untuk berlari atau merasa tertarik bahkan tertantang karena melihat hasil workout atau foto lari saya social media. Tapi pernahkah kita tahu manfaat dari lari bagi tubuh kita itu apa saja? Ada yang menyebut lari itu baik bagi kesehatan, ada juga yang menyebut memiliki risiko cedera tinggi dan dapat meningkatkan serangan jantung. Well, daripada kita berbicara tanpa bukti ada baiknya jika kita menyimak penuturan para ahli yang sudah meneliti tentang dunia pelarian. Ada beberapa fakta menarik di sini. Check this out!

Jantung

Clipart Illustration of a Healthy Red Heart Running PastBeberapa laporan yang menyebutkan bahwa lari dapat menyebabkan serangan jantung tidak berdasar, menurut ahli jantung Dr Dan Tunstall Pedoe, direktur medis dari London Marathon Flora, mengatakan bahwa “Lebih dari 400.000 orang telah berlari di London Marathon sejak tahun 1981, tetapi hanya ada lima kematian selama kompetisi itu berlangsung hingga kini. Dan orang-orang yang meninggal telah menderita penyakit jantung yang parah, sehingga mereka sudah berisiko sebelumnya.”
Bahkan, kata Dr Tunstall Pedoe, berlari lebih mungkin untuk memperpanjang hidup sebagian besar orang.

Penelitian telah menunjukkan bahwa lari teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 50 persen dan seiring berjalannya waktu hal itu akan memperkuat sistem kardiovaskular, meningkatkan sirkulasi dan memungkinkan jantung dan paru-paru untuk bekerja lebih efisien.
Menurut British Heart Foundation, sekitar 10.000 kematian akibat serangan jantung dapat dicegah setiap tahun jika orang terus menjaga kebugarannya sendiri dengan aktivitas aerobik yang teratur seperti jogging .

Tulang

bone runnerBerlari adalah salah satu aktifitas yang memiliki “high-impact” paling tinggi. Dengan setiap langkahnya, kita memberi beban hingga lima kali bobot tubuh kita kepada kaki dan tulang belakang. Fakta menariknya adalah ketika marathoner melintasi garis finish dalam kompetisi marathon, sang pelari rata-rata akan menjadi sekitar satu sentimeter lebih pendek daripada tinggi normal mereka sebelum berlari. Hentakan yang terjadi selama berulang kali menyebabkan otot jadi mengencang dan tulang belakang menyusut.
Namun jangan khawatir karena ini hanya bersifat sementara dan kebanyakan pelari akan kembali pada tinggi badan normal mereka keesokan harinya.

Menurut National Osteoporosis Society, efek menahan beban dari berlari menjadikannya salah satu kegiatan terbaik untuk memperkuat tulang.

Paru-Paru

lungParu-paru bekerja jauh lebih keras dari biasanya ketika kita berlari. Seseorang umumnya menggunakan sepuluh kali oksigen yang mereka perlukan ketika duduk di depan televisi untuk periode yang sama.

Seiring berjalannya waktu, berlari secara teratur akan memperkuat sistem kardiovaskular, memungkinkan jantung dan paru-paru untuk bekerja lebih efisien. Ini berarti kita dapat melakukan lebih banyak latihan dengan usaha yang lebih sedikit. Sebagai informasi saya bisa melakukan push up lebih banyak daripada sebelum rutin berlari dan melakukan circuit training hingga 8 set meski sudah 6 bulan tidak melakukannya. (umumnya orang yang baru pertama kali melakukan circuit training hanya mampu melakukannya 5 kali saja)

Bobot

cropBerlari pada kecepatan teratur sekitar sepuluh menit per mil dapat membakar rata-rata 4,2 kalori per jam untuk setiap pound (0.456 kg) berat badan kita (yaitu sekitar 588 kalori per jam jika bobot kita sekitar 64 kg). Itu lebih banyak daripada jika kita bersepeda dengan kecepatan enam menit per mil dengan durasi yang sama.
Ketika kita lebih bugar, lebih cepat dan memasukkan unsur intensitas yang tinggi saat berlari maka efek pembakaran lemak akan semakin besar.
Selama satu jam berlari, kita dapat kehilangan sekitar satu liter cairan melalui keringat. Hal ini disebabkan karena otot menghasilkan panas sekitar 20 kali lebih banyak ketika melakukan latihan daripada ketika otot tidak aktif, dan cairan bertindak sebagai mekanisme pendingin internal esensial.

Metabolisme

metabolismSports physiologist telah menemukan bahwa tingkat metabolisme tubuh terkait efisiensi pembakaran kalori dan lemak dapat meningkat tidak hanya selama berlari, tetapi juga selama beberapa jam setelah itu.
“Bahkan setelah berlari selama 20 menit atau 30 menit, kita masih dapat membakar kalori selama beberapa jam setelah kita berhenti berlari,” kata sports physiologist, Mark Simpson, dari Loughborough University School of Sports Science.
Ketika kita lebih bugar, manfaat yang didapatkan akan lebih besar. Suatu penelitian menunjukkan bahwa pelari yang memasukkan unsur sprint ke dalam latihan mereka dapat lemak tubuh membakar tiga setengah kali lebih banyak dibandingkan mereka yang berjalan atau berlari dengan sangat lambat.

Sumber :

  1. Daily Mail UK
  2. http://sharepoint.tcrsb.ca/smba/jc/Picture%20LIbrary/Course%20Clipart/Health.jpg
  3. http://www.teachengineering.org/collection/cub_/lessons/cub_images/cub_biomed_lesson01_animation1.gif
  4. http://seejanenurse.files.wordpress.com/2007/10/apple-lungs-2.jpg
  5. http://polished.tv/wp-content/uploads/2013/08/16632904-abstract-word-cloud-for-metabolism-with-related-tags-and-terms.jpg

Manfaat Latihan Beban

Hi Guys,

Latihan BebanBukan rahasia umum jika latihan beban dapat meningkatkan laju metabolisme sekaligus membantu menurunkan berat badan jika dilakukan secara tepat dan teratur.
Setiap 10 tahun, metabolisme manusia akan mengalami penurunan dan melambat sekitar 3 persen, massa otot mulai menyusut, dan produksi lemak tubuh kian bertambah. Itulah sebabnya mengapa kita merasa lebih gemuk ketika usia bertambah.
Nah, agar hal di atas tidak terjadi pada kita maka sebaiknya kita mulai lakukan latihan beban dari sekarang. Latihan beban adalah latihan terbaik untuk meningkatkan dan membangun massa otot. Jika dikombinasikan dengan latihan kardio, latihan beban juga efektif untuk membantu menurunkan berat badan.
Studi menunjukkan bahwa latihan beban selama tiga bulan secara rutin 15-20 menit sehari (2-3 kali seminggu) dapat menambah otot kurang lebih 1,4 kg. Latihan beban juga dapat meningkatkan metabolisme sebanyak 7% dan membantu membakar 105 kalori ekstra setiap harinya.

Berikut 5 tip yang bisa kita coba saat memulai latihan beban

Pilih Beban Yang Tepat
Beban yang ringan tidak akan memberi otot kita tantangan untuk mendapatkan kekuatan maksimal. Tapi jangan menggunakan beban yang terlalu berat karena risikonya adalah cedera. Gunakan beban sesuai kemampuan, kemudian tambahkan secara bertahap jika kita merasa masih kuat.
Lakukan Perlahan
Gerakan yang terlalu cepat akan menyebabkan risiko cedera dan tidak efektif untuk membangun kekuatan, karena otot kita memerlukan adaptasi. Lakukan gerakan mengangkat selama dua detik dan empat detik untuk menurunkan beban.
Atur Nafas
Pengaturan nafas yang keliru saat melakukan latihan kekuatan akan membuat gerakan menjadi lebih sulit dan bahkan mengacaukan tekanan darah kita  Buang nafas saat kontraksi dan tarik nafas saat kita melepaskan beban.
Buatlah Program Latihan Yang Baik
Program latihan beban kita haruslah tersusun dengan baik dan teratur. Buatlah Program latihan beban kita secara terperinci seperti misalnya, Hari Senin untuk melatih otot dada, Rabu untuk melatih otot kaki, Kamis untuk melatih otot punggung dan seterusnya. Jangan berlatih selama satu minggu penuh. Sisakan 1-2 hari untuk istirahat dari sesi latihan. Perlu kita ketahui bahwa otot akan tumbuh saat tubuh mendapatkan istirahat yang cukup.
Mulailah Konsumsi Makanan Sehat
Satu hal yang tak kalah penting dari program latihan kita adalah mengonsumsi makanan sehat. Artinya kita tetap harus menjaga keseimbangan nutrisi bagi tubuh kita. Buah-buahan dan sayuran adalah contoh makanan sehat yang baik untuk mendukung program latihan kita. Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji yang tinggi kalori dan tinggi lemak, gantikan dengan makanan tinggi protein seperti dada ayam, telur, dan daging. Makanan inilah yang dapat membantu kita meningkatkan perkembangan otot lebih optimal.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui bahwa meningkatkan massa otot melalui latihan beban adalah cara terbaik untuk membentuk tubuh langsing dan ideal.

Tunggu apa lagi? Yuk, mulai latihan beban dari sekarang!

Sumber :
@DennySantoso dan duniafitnes.com

Sepetik Kisah dari Hidayat Nur Wahid

Beberapa waktu yang lalu sejenak kita terpesona dengan adanya tokoh seperti Dahlan Iskan dan Jokowi, “apakah tidak ada kader PKS seperti mereka” ? begitu pertanyaan salah seorang simpatisan partai dakwah ini. Sederhana pertanyaannya, apakah… tidak ada tokoh seperti mereka di PKS?. Jawabannya sederhana, di PKS ada tokoh seperti mereka, bahkan tidak hanya satu dua orang. Tapi masalahnya adalah, tidak ada media yang mengekspose. Siapa yang tidak tahu Dahlan Iskan, pendiri Jawa Pos ini tentu mempunyai kekuatan dan relasi media yang kuat untuk melakukan penokohan.

Salah satu kader terbaik PKS adalah Ust. Hidayat Nur Wahid, banyak cerita tentang kiprah beliau. Ini saatnya untuk kita bercerita. Ini saatnya kita menyampaikan salah satu kader terbaik Bangsa, sosok negarawan yang memang layak menjadi bagian untuk memimpin Negeri Indonesia Raya ini.

Kesederhanaan beliau bukan hanya ditampakkan sebagai pencitraan saat Pilkada saja, tapi sudah jauh dari dahulu beliau lakukan. Dalam tulisan kali ini sedikit cerita tentang kesederhanaan beliau.

Menurut Cerita salah seorang narasumber, Sekitar Tahun 2007, Pak Dayat, panggilan akrab Ust Hidayat menjadi salah satu narasumber di sebuah kampus negri di Jawa Tengah. Kapasitas beliau saat itu adalah sebagai ketua MPR. Dialog yang berlangsung hangat tiba-tiba senyap dan terhenti ketika ada bunya Handphone.Tit..tit..tit..tit, seketika hadirin dan para wartawan terhenyak dan para jurnalis segera mengambil gambar dan mendekat ke arah sumber suara yang ternyata adalah bunyi HP dari Pak Dayat. Seorang Ketua MPR, dengan Hand Phone sangat sederhana dan terkesan Jadul.

Dan Cerita tentang Hanphone Pak Dayat ini pun berlanjut, seperti diceritakan Ust. Cahyadi Takariawan
“Sangat banyak kisah kehidupan keseharian pak Hidayat. Salah satunya saya dapatkan dari seorang teman yang pernah menjadi asisten beliau saat menjadi Ketua MPR. Teman ini bercerita, suatu ketika diminta pak Hidayat membelikan lem alteco. Tanpa bertanya kegunaan lem tersebut, sang asisten langsung pergi membelikan. Setelah lem diserahkan ke pak Hidayat, sang asisten penasaran, digunakan untuk apa lem tersebut. Maka diam-diam ia menyelinap masuk ke ruang kerja pak Hidayat.

Betapa terkejut sang asisten menyaksikan pak Hidayat menggunakan lem tersebut untuk memperbaiki casing HP beliau yang retak karena terjatuh.Ia tidak menyangka, seorang politisi senior, seorang Ketua MPR, masing mengurus casing HP yang pecah. Bukan membeli casing baru, atau membeli HP baru, namun membeli lem untuk memperbaiki casing yang pecah. Lagi-lagi, kejadian seperti ini tidak pernah masuk pemberitaan media massa. Kehidupan beliau sangat sepi dari publisitas. Beliau melakukan segala aktivitas secara alami, tanpa kemasan branding, atau menyewa konsultan untuk memperbaiki penampilan atau membayar media planner untuk mengatur tampilan beliau di media. Semua berjalan sangat alami, tanpa sentuhan entertainment. Itulah sosok sederhana Hidayat Nurwahid yang sempat saya kenal.” Pungkas Pak Cahyadi.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 238 other followers